UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
TUGAS PENGANTAR BISNIS
INFORMATIKA
Nama :
Muhamad Anugrah Awwal Ramadhan
NPM :
54415508
Kelas :
4IA12
Jurusan :
Teknik Informatika
Dosen :
Siti Saidah, SKOM. MMSI
Universitas
Gunadarma
2018
TUGAS
1
Pengertian
Bisnis
Secara
umum, pengertian bisnis (business), tidak terlepas dari aktivitas
produksi, pembelian, penjualan, maupun pertukaran barang dan jasa yang
melibatkan orang atau perusahaan. Dalam konteks yang lebih sempit, pengertian
bisnis sering dikaitkan dengan usaha, perusahaan atau organisasi yang
menghasilkan barang dan jasa untuk menghasilkan laba. Pendapat lain mengatakan
bahwa pengertian bisnis adalah usaha untuk memenuhi kebutuhan manusia,
organisasi ataupun masyarakat luas. Pelaku bisnis (businessman) akan
selalu melihat adanya kebutuhan masyarakat dan kemudian mencoba untuk
melayaninya secara baik sehingga masyarakat menjadi puas dan senang karenanya.
Dari kepuasan masyarakat itulah businessman atau para pelaku
bisnis akan mendapatkan keuntungan dan kemudian keuntungan tersebut akan
digunakan untuk mengembangkan bisnis agar menjadi lebih luas.
Pengertian Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK)
TIK adalah singkatan dari Teknologi
Informasi Dan Komunikasi atau jika dalam bahasa Inggris ‘Information and Communication
Technologies’, jika di singkat ‘ICT’ dapat di artikan sebagai payung
besar terminologi yang mencakup semua peralatan teknis untuk memproses dan
menyampaikan Informasi. Itulah secara singkat mengenai pengertian teknologi
informasi dan komunikasi.
Kata teknologi yaitu berasal dari bahasa
Yunani “technologia”, atau “techne” yang memiliki arti “keahlian” dan juga
“logia” yang artinya “pengetahuan”. Dalam pengertian yang sempit dapat di
artikan teknologi adalah merupakan suatu yang mengacu pada objek benda yang
digunakan untuk kemudahan aktivitas manusia, misalnya seperti mesin, perkakas,
perangkat keras, dan lain-lain.
TIK
mencakup 2 (dua) aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi, di
bawah ini adalah penjelasannya:
- Teknologi
informasi diantaranya meliputi segala hal-hal yang berkaitan dengan
proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi dan juga pengelolaan
informasi.
- Lalu
teknologi komunikasi adalah segala sesuatu atauhal-hal yang berkaitan
dengan penggunaan alat bantu untuk memproses serta mentransfer data dari
perangkat yang satu ke perangkat yang lainnya.
Definisi Bisnis Informatika
Pengertian Bisnis
Bisnis
merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan
untuk mendapatkan keuntungan [Griffub & Ebert]. Secara keseluruhan, Bisnis
adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dengan sekelompok orang
(organisasi) yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang
dan jasa (create of good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan
memperoleh keuntungan melalui transaksi.
Pengertian Informatika
Secara
harfiah, Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang membantu Anda bekerja
dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan
informasi [Haag Den Keen, 1996]. Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada
teknologi komputer (perangkat keras atau perangkat lunak) yang digunakan untuk
memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi
untuk mengirimkan informasi [Martin, 1999].
Dari
definisi diatas dapat dikatakan bahwa teknologi informasi secara imlisit maupun
ekspilit tidak sekedar berupa teknologi komputer, tetapi juga teknologi
telekomunikasi.
Dengan
kata lain, yang disebut teknologi informasi merupakan gabungan antara teknologi
komputer dan teknologi telekomunikasi.
Pengertian Bisnis Informatika
Dari
pejabaran pengertian masing-masing dari bisnis & teknologi informatika
dapat kita simpulkan pengertian dari Bisnis Informatika adalah kegiatan yang
dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan
nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and
service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui
transaksi yang berkaitan dengan teknologi informasi baik teknologi komputer
maupun teknologi telekomunikasi.
Salah Satu Jenis Bisnis Informatika
PT.Telekomunikasi Indonesia ( TELKOM ) merupakan salah satu
Perusahaan penyelenggaraan informasi dan telekomunikasi serta penyedia jaringan
telekomunikasi terlengkap dan terbesar di Indonesia. Saat ini mengeluarkan
produk baru yang diberi nama Indihome, dimana produk Indihome ini merupakan
produk Bundling yang telah menyediakan layanan Triple Play ( 3P) terdiri dari
telephone rumah, internet dan tv kabel yang memeiliki kemampuan dapat di rewind
atau pause. Sehingga menarik untuk dijadikan obyek penelitian yang dilakukan di
PT.Telkom Wilayah Jateng Timur Selatan ( Solo ) dalam upaya meningkatkan jumlah
konsumen. Semakin banyaknya produk dari kompetitor menyebabkan persaingan
kompetitor di pasaran yang semakin meningkat.Tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai strategi
yang dilakukan Perusahaan dalam hal komunikasi pemasaran dalam meningkatkan
jumlah konsumen. Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif kualitatif
dengan menggunakan pengambilan data dalam penelitian dengan wawancara,
dokumentasi, rekaman, dan kepustakaan. Dengan menggunakan teori Bauran
Komunikasi Pemasaran Terintegrasi Integrated Marketing Communication ( IMC )
dan Marketing mix 4P.Berdasarkan hasil penelitian dalam penelitian ini adalah
dapat mengambil kesimpulan bahwa kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan
oleh Pt.Telkom WITEL Solo adalah dengan menggunakan elemen bauran komunikasi
pemasaran yang terintegrasi atau disebut dengan Integrated Marketing
Communication ( IMC ) terdiri dari advertesing, sales dan di dukung dengan
aktivitas door to door dari para sales. Advertesing dengan memanfaatkan media
Above The Line ( ATL) brosur, radio, spanduk dan Below The Line ( BTL) program
talkshow di radio dan tv lokal, website, media sosial. Pada tahapan sales
promotion Perusahaan menggunakan pemberian promo dan potongan harga, salah satu
yang diberikan adalah pemasangan gratis pada penggunaan awal layanan indihome
pada bulan pertama dan telephone gratis 1000 menit lokal dan interlokal. Personal
selling yang dilakukan Perusahaan mengandeng pengembang Perumahan. Selanjutnya
pada tahapan public relations melakukan hubungan baik dengan media lokal untuk
program talkshow, directmarketing yang dijalankan Perusahaan dilakukan dengan
direct call atau outbound call dan melakukan pengiriman surat kepada pelanggan
yang terakhirr pada online marketing yang dijalankan dengan memanfaatkan media
internet dengan media sosial facebbok dan twiteer, website. Selanjutnya
Perusahaan juga menggunakan cara dalam promosi dengan melakukan penjualan
secara door to door dengan face to face kepada calon pelanggan tujuannya agar
lebih interaktif, pelanggan dalam menggali informasi yang luas tentang produk.
Kesimpulan dari kegiatan ini adalah jika dilihat dari strategi komunikasi
pemasaran yang telah dilakukan sudah cukup berjalan dengan baik, yaitu dengan
menggunakan konsep dan teori dalam komunikasi pemasaran promotion mix. Dilihat
dari jumlah konsumen yang setiap bulannya mengalami kenaikan, hal ini
menunjukkna bahwa program-program komunikasi pemasaran yang dijalankan
PT.Telkom WITEL Solo adalah cukup efektif.
Kelebihan dari
indhihome adalah Jika dibandingkan dengan koneksi
internet dari modem yang notaben menggunakan jaringan wireless seperti GSM dan
CDMA, tentu IndiHome ini jauh lebih oke dan lebih nyaman.
Kekurangan
dari indihome adalah Harganya lebih mahal dari kebanyakan provider lainnya. Dan
router yang kemungkinan bisa mudah rusak tersambar petir jika hujan
Perkembangan
dan kemajuan bisnis informatika di negara kita sudah sangat pesat sekali dan
sangat menggiurkan. bisnis ini akan tiada matinya karena dunia IT setiap detik
berkembang, oleh karna itu bisnis ini tidak mungkin ada matinya. contohnya saja
seperti warnet yang bagaikan rumput liar dimana saja ada. Ini dikarenakannya
masyarakat makin membutuhkan informasi. selain warnet yaitu toko hardware yang
menyediakan segala kebutuhan di bidang IT, kita sudah tidak kesusahan lagi
untuk mencari toko komputer. selain itu masyarakat yang mempunya dana yang
lebih mereka ada yang membuat perusahaan IT Konsultan yang akan sedia selalu
membantu kantor, perusahaan dan masyarakat yang sedang membutuhkan bantuan di
bidang IT.
Dalam
kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi
merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini,
maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya. Teknologi informasi banyak
berperan dalam bidang-bidang antara lain :
Bidang
pendidikan(e-education) Kecenderungan dunia pendidikan di Indonesia di masa
mendatang adalah:
Berkembangnya
pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance Learning).
Kemudahan untuk menyelenggarakan pendidikan terbuka dan jarak jauh perlu
dimasukan sebagai strategi utama.
Sharing
resource bersama antar lembaga pendidikan / latihan dalam sebuah jaringan.
Perpustakaan
& instrumen pendidikan lainnya (guru, laboratorium) berubah fungsi menjadi
sumber informasi daripada sekedar rak buku.
Penggunaan
perangkat teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam
pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video.
Bidang
Pemerintahan (e-government) Bisa merupakan suatu proses transaksi bisnis antara
publik dengan pemerintah melalui sistem otomasi dan jaringan internet, lebih
umum lagi dikenal sebagai world wide web. Pada intinya e-government adalah
penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara
pemerintah dan pihak-pihak lain
Bidang
Keuangan dan Perbankan Saat ini telah banyak para pelaku ekonomi, khususnya di
kota-kota besar yang tidak lagi menggunakan uang tunai dalam transaksi
pembayarannya, tetapi telah memanfaatkan layanan perbankan modern.
Layanan
perbankan modern yang hanya ada di kota-kota besar ini dapat dimaklumi karena pertumbuhan
ekonomi saat ini yang masih terpusat di kota-kota besar saja, yang menyebabkan
perputaran uang juga terpusat di kota-kota besar. Sehingga sektor perbankan pun
agak lamban dalam ekspansinya ke daerah-daerah. Hal ini sedikit banyak
disebabkan oleh kondisi infrastruktur saat ini selain aspek geografis Indonesia
yang unik dan luas.
Untuk
menunjang keberhasilan operasional sebuah lembaga keuangan/perbankan seperti
bank, sudah pasti diperlukan sistem informasi yang handal yang dapat diakses
dengan mudah oleh nasabahnya, yang pada akhirnya akan bergantung pada teknologi
informasi online, sebagai contoh, seorang nasabah dapat menarik uang dimanapun
dia berada selama masih ada layanan ATM dari bank tersebut, atau seorang
nasabah dapat mengecek saldo dan mentransfer uang tersebut ke rekening yang
lain hanya dalam hitungan menit saja, semua transaksi dapat dilakukan.
Perkembangan Bisnis Teknologi Dunia
Setiap
orang sangat bergantung kepada komputer, keberadaan komputer saat ini bukan
lagi merupakan barang mewah, Alat ini sudah digunakan di berbagai bidang
pekerjaan, termasuk dalam dunia pendidikan.
Pengenalan Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK), diharapkan dapat membuat perubahan pesat dalam
kehidupan yang mengalami penambahan dan perubahan dalam penggunaan beragam
produk TIK.
Melalui
perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi, kita bisa mencari, mengeksplorasi,
menganalisis, dan saling tukar informasi secara efisien dan efektif. TIK akan
memudahkan kita, mendapatkan ide dengan cepat dan bertukar pengalaman dari
berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, wanita pun begitu,
sekarang, tidak sedikit negara yang menyerahkan teknologi informasi dan
komunikasi kepada wanita, wanita dinilai lebih cekatan dalam mengembangkan
bisnis di bidang IT.
Dengan
demikian, diharapkan dapat mengembangkan sikap inisiatif dan kemampuan belajar
mandiri, sehingga kita dapat memutuskan dan mempertimbangkan sendiri kapan dan
dimana penggunaan IT secara tepat dan optimal, termasuk implikasinya saat ini
dan di masa yang akan datang.
Teknologi
Informasi dan Komunikasi mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan
Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan
dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.
Sedangkan
Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat
bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.
Oleh
karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan
yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan
yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan
transfer/pemindahan informasi antar media.
TIK
pun sekarang digunakan di bidang ekonomi, upaya keras dari pemerintah untuk
membangun sarana dan fasilitas teknologi informasi dan telekomunikasi di
Indonesia bertujuan untuk memfasilitasi kegiatan interakasi ekonomi-sosial
masyarakat dan sektor produksi. Oleh sebab itu pemerintah berupaya keras untuk
memperluas jangkauan layanan telekomunikasi sampai ke seluruh lapisan
masyarakat. Instrumen yang digunakan selama ini adalah melalui badan usaha
operator telekomunikasi yang melakukan usaha/bisnis layanan telekomunikasi
melalui layanan fixed line, seluler, atau satelit. Secara teknis cara ini telah
berhasil membuat fasilitas telekomunikasi menjangkau seluruh wilayah geografis
Indonesia (dari Sabang sampai Merauke). Namun keterjangkauan teknis-geografis
ini tidak membuat sistem telekomunikasi terjangkau bagi masyarakat, yang
merupakan sasaran utama.
Didalam
perkembangan bisnis di dunia it sendiri terdapat jenis dan tipe bisnis Terdapat
2 macam bisnis Informatika yaitu produk dan jasa.
Produk
-
Hardware / Perangkat Keras
-
Software / Perangkat Luna
Jasa
-
Aplikasi
-
e-commerce
-
Infrastruktur informasi dan komputer
Software
Adalah
bisnis yang melakukan pejualan terhadap software/perangkat lunak. Biasanya
menerima pemesanan software sesuai kebutuhan perusahaan yang membutuhkan.
Infrastruktur
Adalah
bisnis Informatika yang menyediakan sebuah layanan informasi dan komputer,
seperti Internet Service Provider, Jaringan Komputer, dll.
E-Commerce
Internet
berkembang menjadi saluran distribusi global utama untuk produk jasa, lapangan
pekerjaan bidang manajerial dan professional.
E-commerce
dapat didefinisikan dari beberapa perspektif :
Komunikasi
: pengiriman barang, jasa, informasi, atau pembayaran melalui jaringan computer
atau sarana electronic lainnya.
Perdagangan
: penyediaan sarana untuk membeli dan menjual produk, jasa, dan informasi
untuk internet atau fasilitas online lainnnya.
Proses
Bisnis : menjalankan proses bisnis secara elektronik melalui jaringan
elektronik, menggantikan proses bisnis dengan informas
Layanan
: cara bagi pemerintah, perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas
biaya pelayanan/operasi sekaligus meningkatkan mutu dan kecepatan layanan bagi
konsumen.
TUGAS 2 RINGKASAN PI
PI
yang dibuat adalah ”APLIKASI PEMBELAJARAN PERSIAPAN UJIAN BAHASA JEPANG (JLPT
N5) BERBASIS ANDROID” saya membuat aplikasi ini karena pengalaman pribadi saya
yang susah dan kadang tidak ada waktu untuk membawa atau membuka buku. lalu
karena sekarang jaman sudah maju dan hampir setiap hari banyak orang yang
mempunyai smartphone maka saya terpikirkan untuk membuat aplikasi berbasis
android. Dan karena saya sangat suka dengan bahasa jepang dengan harapan ingin
bekerja dan menjadi warga negara jepang maka saya memutuskan untuk membuat
aplikasi tentang pembelajaran bahasa jepang. Dan salah satu syarat yang dibutuhkan
agar kita bisa bekerja di jepang adalah sertifikan JLPT yaitu tes kemampuan
bahasa jepang seperti TOEFL dalam tes bahasa inggris. Untuk Dosen pembimbing PI
saya adalah ibu Karmilasari, Dr, Skom, MM.
Karena
aplkasi yang akan dibuat adalah aplikasi berbasis android maka, software yang
digunakan untukmembuat aplikasi nya adalah Android Studio. Software lain yang
digunakan untuk membuat aplikasi ini adalah Paint, Browser Google Chrome, StarUML,
DB SQLite, dan lain-lain. Aplikasi yang dibuat dibagi menjadi 3 bagian yaitu
Belajar, Latihan, dan Ujian.
Metode
untuk membuat aplikasi ini adalah dengan mencari dari berbagai sumber baik dari
buku maupun dari internet. Tahapan tahapan yang dilakukan untuk membuat
aplikasi ini yaitu :
1. Tahapan
pertama yakni pengumpulan data. Seperti buku-buku pembelajaran JLPT, Kanji N5,
soal soal JLPT tahun tahun sebelumnya, dan media-media yang berkaitan tentang
JLPT N5.
2. Selanjutnya
adalah perancangan, pada tahap ini sebelum di buat aplikasi nya, saya merancang
terlebih dahulu tampilan yang ingin dibuat pada aplikasi menggunakan StarUML
dan setelah rancangan selesai semua maka akan di terapkan pada Android Studio.
3. Lalu
setelah perancangan selesai maka aplikasi pun dibuat dan saat selesai maka akan
di uji coba untuk memeriksa apakah ada kesalahan atau bug pada aplikasi.
Untuk
kelebihan dari aplikasi ini adalah modul - modul atau bahan pembelajaran san
soal - soal yang ada, diambil langsung dari referensi buku khusus persiapan
JLPT N5 dan website resmi JLPT agar tingkat akurasi untuk ujian yang akan
datang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan buku – buku atau referensi yang
lain.
Sedangkan
untuk kekurangan dari aplikasi ini adalah dikarenakan masih bertujuan untuk
menyelesaikan tugas PI maka pembelajaran
di dalam aplikasi masih belum lengkap semua dengan yang ada di buku dan
internet, dan juga dengan kurang nya pengalaman penulis membuat aplikasi
android membuat kurang bagus nya tampilan yang mungkin akan membuat beberapa
user kurang tertarik.
PI penulis terlambat dan tidak bisa
sidang di semester 6 dikarenakan masih ada beberapa error pada proses pembuatan
aplikasi dan juga pada baterai laptop penulis yang sempat rusak sehingga
mengakibatkan penulis tidak bisa mengikuti sidang dan harus melanjutkan nya di
semester berikutnya.
DAFTAR PUSTAKA
No comments:
Post a Comment